Hubungan Persepsi Mengenai Mutu Pelayanan Dengan Loyalitas Pasien di Poliklinik Rumah Sakit Sentra Medika Cikarang Tahun 2022

Universitas Medika Suherman

Hubungan Persepsi Mengenai Mutu Pelayanan Dengan Loyalitas Pasien di Poliklinik Rumah Sakit Sentra Medika Cikarang Tahun 2022

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author Ima Hidayah
dc.date.accessioned 2023-01-03T03:18:49Z
dc.date.available 2023-01-03T03:18:49Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-09-27
dc.identifier.isbn NIM: 121030017
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1W7uK-dYG7Q1X7eh1-rkDws8qPMhjyXjt
dc.description.abstract Standar Pelayanan Minimal di bidang kesehatan sebagai upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan memberikan gambaran kemajuan dan tolak ukur keberhasilan pelayanan. Mutu pelayanan yang melebihi harapan pelanggan akan berdampak pada loyalitas pasien. Pada studi awal, kunjungan pasien Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit X tahun 2021 dan 2022 bulan Januari sampai Mei menunjukkan penurunan. Berdasarkan hal tersebut penelitian mengenai mutu pelayanan dilakukan menggunakan Metode ServQual. Tujuan : Menganalisis hubungan persepsi mengenai mutu pelayanan dengan loyalitas pasien. Metode : Penelitian kuantitatif ini dilakukan dengan studi cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dari tanggal 1 sampai 31 Juli 2022. Populasi berjumlah 208 responden dengan 135 sampel, menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Dilakukan Analisis univariat dan Bivariat uji Chi-Square. Hasil : Analisis uji Chi-Square menunjukkan p-value < 0,005 , Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat hubungan antara bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati dengan loyalitas pasien. Kesimpulan : Terdapat hubungan bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati dengan loyalitas pasien. Rumah sakit perlu meningkatkan kemampuan pada kelima dimensi untuk menciptakan loyalitas pasien.
dc.format Text
dc.language Indonesia
dc.publisher Universitas Medika Suherman
dc.subject.ddc UMS.ADMKES01.006
dc.subject.ddc UMS.ADMKES01.006
dc.title Hubungan Persepsi Mengenai Mutu Pelayanan Dengan Loyalitas Pasien di Poliklinik Rumah Sakit Sentra Medika Cikarang Tahun 2022
dc.type Skripsi


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku