Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi RS Sentra Medika Cikarang Bulan Juni-Juli Tahun 2022

Universitas Medika Suherman

Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi RS Sentra Medika Cikarang Bulan Juni-Juli Tahun 2022

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author Afifah Halimatu Alwiyah
dc.contributor.author Marselina
dc.date.accessioned 2023-01-03T04:00:37Z
dc.date.available 2023-01-03T04:00:37Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2023-01-03
dc.identifier.isbn NIM: 010718002
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1CkWb74SdNlW6iK-l3T9G_eP8htad-Iid
dc.description.abstract Keberhasilan pelayanan kefarmasian di rumah sakit tergantung pada kepuasan pasien saat menerima pelayanan yang telah diselenggarakan oleh petugas farmasi. RS Sentra Medika Cikarang menyediakan program asuransi kesehatan dari pemerintah seperti BPJS. Maka dari itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui seberapa puasnya pasien dalam pelayanan kefarmasian. Penelitian ini desktriptif analitik dengan metode cross sectional, sampel berjumlah 95 responden, data diperoleh dari menyebar kuesioner kepada responden dan menggunakan analisis statistik uji Fisher Exact. Tingkat kepuasan pasien diperoleh persentase kehandalan 89,31% (sangat puas), responbilitas 95,92% (sangat puas), keyakinan 94,80% (sangat puas), empati 94,91% (sangat puas), dan fasilitas berwujud 95,56% (sangat puas) dan menghasilkan tingkat kepuasan rata-rata sebesar 94,35% yang termasuk ketegori sangat puas. Uji Statistik karakteristik responden yaitu umur, jenis kelamin, pekerjaan, frekuensi kunjungan, dan golongan BPJS tidak terdapat hubungan dengan tingkat kepuasan pasien sedangkan karakteristik responden yaitu pendidikan dan pendapatan terdapat hubungan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS Kesehatan terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi RS Sentra Medika Cikarang.
dc.format Text
dc.language Indonesia
dc.publisher Universitas Medika Suherman
dc.subject.ddc UMS.FAR01.003
dc.subject.ddc UMS.FAR01.003
dc.title Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi RS Sentra Medika Cikarang Bulan Juni-Juli Tahun 2022
dc.type Skripsi


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku