Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Berobat Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Rawat Jalan Klinik Pratama Kemala Daerah Cikarang Pusat Periode Mei-Juni

Universitas Medika Suherman

Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Berobat Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Rawat Jalan Klinik Pratama Kemala Daerah Cikarang Pusat Periode Mei-Juni

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author Indika Susan Caroline Simatupang
dc.contributor.author Marselina
dc.date.accessioned 2023-01-03T06:56:32Z
dc.date.available 2023-01-03T06:56:32Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2023-01-03
dc.identifier.isbn NIM: 010718008
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1eHiQoJHmEmQP1m-TBLawYnTUgnlZ-GwM
dc.description.abstract Kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesannya terhadap kinerja. Klinik Pratama Kemala ini menerima pasien umum, pasien BPJS, pasien asuransi & pasien kerja sama dengan perusahaan sehingga banyak masyarakat yang memilih untuk berobat diklinik ini. Maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di apotek rawat jalan Klinik Pratama Kemala Daerah Cikarang Pusat” dengan tujuan untuk memperoleh informasi tentang tingkat kepuasan pasien mengenai pelayanan kefarmasian di klinik pratama kemala. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini digunakan kuisioner yang diisi oleh pasien rawat jalan diapotek dengan populasi sebulan sebanyak 3000 pasien, kemudian digunakan dengan rumus slovin memperoleh 97 sampel. Analisis univariat menggunakan teknik statistik deskriptif dengan memperhitungkan parameter masing-masing variable parameter. Dengan memakai skala likert dan interval untuk menghitung pertanyaan kuisioner. Kepuasan diukur berdasarkan 5 dimensi yaitu kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), keyakinan (assurance), empati (emphaty), fasilitas (tangible). Hasil dari penelitian kepuasan pasien menggunakan berdasarkan lima dimensi yaitu kehandalan (reliability) didapatkan nilai rata-rata 3,28 (sangat puas), ketanggapan (responsiveness) didapatkan nilai rata-rata 3,37 (sangat puas), keyakinan (assurance) didapatkan nilai rata-rata 3,42 (sangat puas), empati (emphaty) didapatkan nilai rata-rata 3,49 (sangat puas), fasilitas (tangible) didapatkan nilai rata-rata 3,55 (sangat puas). Data tersebut menghasilkan bawa pasien merasa sangat puas pada pelayanan kefarmasian yang diberikan oleh petugas kefarmasian di apotek rawat jalan klinik pratama kemala daerah cikarang pusat.
dc.format Text
dc.language Indonesia
dc.publisher Universitas Medika Suherman
dc.subject.ddc UMS.FAR01.021
dc.subject.ddc UMS.FAR01.021
dc.title Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Berobat Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Rawat Jalan Klinik Pratama Kemala Daerah Cikarang Pusat Periode Mei-Juni
dc.type Skripsi


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku