Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan Univeristas Medika Suherman Tahun 2022

Universitas Medika Suherman

Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan Univeristas Medika Suherman Tahun 2022

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author Aprilina Sartika
dc.contributor.author Tasya Siva Putri Sebastian
dc.date.accessioned 2023-01-10T06:28:59Z
dc.date.available 2023-01-10T06:28:59Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-09-26
dc.identifier.isbn NIM: 010318522
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.medikasuherman.ac.id/imds/al?d=31Hv4XzSdQM6%2FtjjhmNEd2sU%2FG7rwfAz104%2Bt67sw5YLdU3XZTp1wvsWB3h7dydQiCp8f6ROGd9JD5g3j3jQinZTYOuPnWIruU0etFdha7YSyEq9ebQDYh6yr2VB27D8OggwoNNScNG%2F0fNhNXMcgoZxU0g06C0lIqgn6iXtOo4%3D
dc.description.abstract Motivasi Belajar merupakan kecenderungan psikologis dan dorongan internal yang mengendalikan siswa untuk belajar. Motivasi dapat digerakkan dari faktor eksternal seperti upaya pengajar dalam mengajarkan peserta didik, kondisi lingkungan belajar, sedangkan motivasi faktor internal seperti cita-cita dan aspirasi, kemampuan belajar, kondisi mahasiswa, dan unsur-unsur dinamis dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk meneliti tentang faktor-faktor yang berhubungan dengan motivasi belajar dalam pembelajaran daring pada mahasiswa program studi sarjana keperawatan Universitas Medika Suherman. Metode Penelitian ini menggunakan analitik kuantitatif dengan menggunakan pendekatan desain cross sectional. Instumen penelitian berupa kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling, dengan populasi 149 dan didapatkan besar sampel 108 responden. Analisis data dilakukan secara secara univariat serta bivariat dengan menggunakan uji Chi Square dengan bantuan program SPSS. Hasil Uji chi square menunjukkan bahwa nilai p value pada variabel cita-cita dan aspirasi, kemampuan belajar, kondisi mahasiswa, unsur-unsur dinamis dalam belajar, kondisi lingkungan, upaya pengajar dalam mengajarkan peserta didik adalah (0,019<0,05), (0,018<0,05), (0,001<0,05), (0,013<0,05), (0,000<0,05), (0,045<0,05). Kesimpulan Ada hubungan cita-cita dan aspirasi, kemampuan belajar, kondisi mahasiswa, unsur-unsur dinamis dalam belajar, kondisi lingkungan, upaya pengajar dalam mengajarkan peserta didik dengan motivasi belajar dalam pembelajaran daring.
dc.format Text
dc.language Indonesia
dc.publisher Universitas Medika Suherman
dc.subject.ddc UMS.NS02.024
dc.subject.ddc UMS.NS02.024
dc.title Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan Univeristas Medika Suherman Tahun 2022
dc.type Skripsi


Files in this item

Files Size Format View Description
1673332139669_Manuskrip Tasya .pdf 779.3Kb PDF View/Open File "Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Program Studi Sarajan Keperawatan Univeristas Medika Suherman Tahun 2022"

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku