Hubungan Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Kesehatan dan Citra Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan di RS Cikarang Medika

Universitas Medika Suherman

Hubungan Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Kesehatan dan Citra Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan di RS Cikarang Medika

Perlihat publikasi penuh

Title: Hubungan Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Kesehatan dan Citra Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan di RS Cikarang Medika
Author: Afif Wahyudi Hidayat; Arasya Zahra Mawaddah
Abstract: Kepuasan pasien merupakan momen dimana kenyataan melebihi harapan pasien. Adanya peningkatan kunjungan berdampak kepada waktu tunggu pasien, hal tersebut dapat menjadi pengalaman yang kurang menyenangkan bagi pasien. Tujuan penelitan ini mengetahui kepuasan pasien BPJS Kesehatan berdasarkan mutu pelayanan dan citra. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei analitik (non eksperimental) dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini pasien BPJS Kesehatan di instalasi rawat jalan RS. Cikarang Medika dengan jumlah yang tidak diketahui, dan diperoleh sampel 68 responden berdasarkan rumus lemeshow. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang dilakukan adalah analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji statistik chi-square. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa mutu pelayanan kesehatan dan citra berhubungan dengan kepuasan pasien dengan nilai p value < a 0,1. Hasil menunjukkan dari 68 responden (100%), 51 responden menyatakan sudah puas (75,0%), sedangkan 17 responden menyatakan masih tidak puas (25,0%) atas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh RS. Cikarang Medika.
URI: https://journal.ymci.my.id/index.php/ijhri/article/view/2
Date: 2023-09-05


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihat publikasi penuh

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku