Abstract:
|
Latar Belakang : Pengetahuan personal hygiene menstruasi yang buruk jika dibiarkan maka akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang berkaitan dengan reproduksi. Untuk menghindari dari berbagai masalah kesehatan reproduksi maka diperlukan adanya pendidikan kesehatan tentang pengetahuan personal hygiene saat menghadapi menstruasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media buku saku terhadap pengetahuan personal hygiene saat menghadapi menstruasi pada siswi SMP Negeri 1 Cikarang Timur tahun 2024. Subjek dan Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experimental dengan rancangan one group pre test-post test design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswi kelas VII di SMP Negeri 1 Cikarang Timur yang berjumlah 132 siswi. Besar sampel yang digunakan berjumlah 99 siswi. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan. Uji analisis menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil Penelitian : Diketahui bahwa terdapat peningkatan pengetahuan personal hygiene saat menghadapi menstruasi sesudah diberikan pendidikan kesehatan. Hasil analisa Uji Wilcoxon diperoleh nilai signifikan p-value = 0,001 (p <0,05). Kesimpulan : Ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan media buku saku terhadap pengetahuan personal hygiene saat menghadapi menstruasi pada siswi SMP Negeri 1 Cikarang Timur tahun 2024. |