Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Kombinasi Metode Ceramah dan Media Index Card Match Terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswi Tentang Anemia di SMPN 1 Cikarang Utara

Universitas Medika Suherman

Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Kombinasi Metode Ceramah dan Media Index Card Match Terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswi Tentang Anemia di SMPN 1 Cikarang Utara

Perlihat publikasi penuh

Title: Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Kombinasi Metode Ceramah dan Media Index Card Match Terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswi Tentang Anemia di SMPN 1 Cikarang Utara
Author: Diana Iswara Indra Putri; Farida Fasha Davina; Triseu Setianingsih
Abstract: Anemia menjadi perhatian serius karena prevalensinya yang tinggi mencapai 29,9% pada remaja putri di dunia. Meskipun pemerintah telah berupaya menurunkannya, konsumsi tablet tambah darah pada remaja putri hanya 16,7% pada tahun 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pendidikan kesehatan melalui kombinasi ceramah dan media index card match terhadap pengetahuan dan sikap siswi di SMPN 1 Cikarang Utara. Metode penelitian ini berjenis kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Experiment dan pendekatan two group pretest-posttest design with control group. Populasi penelitian adalah siswi usia 13-14 tahun di kelas VIII SMPN 1 Cikarang Utara. Sampel sebanyak 136 responden ditentukan dengan rumus Isaac & Michael, terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2024. Hasil nilai rerata pengetahuan kelompok eksperimen 9,49 dan post-test 13,94 sedangkan kelompok kontrol nilai pre-test 9,09 dan post-test 9,12. Rerata nilai sikap kelompok eksperimen untuk pre-test 49,38 dan post-test 54,40 sedangkan kelompok kontrol nilai pre-test 46,24 dan post-test 46,28. Hasil analisis uji Wilcoxon menunjukkan terdapat pengaruh pendidikan kesehatan melalui penggunaan ceramah dan media index card match terhadap pengetahuan siswi mengenai anemia dengan p-value=0.000 (0<0.05) dan memberikan pengaruh bagi sikap siswi mengenai anemia dengan p-value=0.000 (P<0.05). Terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol, dengan uji Mann Whitney dengan p-value=0.000 (P<0.05). Melalui penelitian ini, para siswi dapat lebih mudah memahami informasi terkait anemia, sehingga diharapkan mampu menerapkan langkah-langkah pencegahan yang tepat.
URI:
https://repository.medikasuherman.ac.id/xmlui/handle/123456789/6452
Date: 2025-05-09


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihat publikasi penuh

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku