Pengaruh Terapi Bermain Paper Toys Terhadap Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Retardasi Mental di SDLB Ananda Mandiri Tambun Kabupaten Bekasi

Universitas Medika Suherman

Pengaruh Terapi Bermain Paper Toys Terhadap Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Retardasi Mental di SDLB Ananda Mandiri Tambun Kabupaten Bekasi

Perlihat publikasi penuh

Title: Pengaruh Terapi Bermain Paper Toys Terhadap Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Retardasi Mental di SDLB Ananda Mandiri Tambun Kabupaten Bekasi
Author: Andini Rahma Diyanti; Retno Anggraeni Puspita Sari; Riska Wati
Abstract: Latar Belakang : Retardasi mental adalah kondisi di mana individu memiliki tingkat intelegensi di bawah ratarata, yang berdampak pada berbagai aspek perkembangan, termasuk kemampuan motorik halus. Penelitian ini penting karena gangguan perkembangan motorik sering disebabkan oleh hambatan dalam proses belajar, yang dapat membuat anak malas menulis, kurang minat belajar, dan mengalami dampak negatif pada kepribadian mereka. Untuk merangsang perkembangan motorik halus, terapi bermain dengan paper toys dipilih sebagai intervensi. Metode : Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one group pretest-posttest, melibatkan 37 anak dengan retardasi mental dari SDLB Ananda Mandiri Tambun, Kabupaten Bekasi. Perkembangan motorik halus diukur sebelum dan sesudah intervensi. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor meningkat dari 20,16 menjadi 26,43, dengan uji Wilcoxon Signed-Rank menghasilkan nilai p < 0,001. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa terapi bermain dengan paper toys terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak-anak dengan retardasi mental.
URI:
https://repository.medikasuherman.ac.id/xmlui/handle/123456789/6473
Date: 2025-05-09


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihat publikasi penuh

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku